Skip to the main content.
logiframe

Logiframe is an Equal Opportunity Employer.

All qualified applicants will receive consideration for employment without regard to race, color, age, religion, sex, sexual orientation, gender identity / expression, national origin, protected veteran status, or any other characteristic protected under federal, state or local law, where applicable, and those with criminal histories will be considered in a manner consistent with applicable state and local laws.

_______________________________________________________________________

Subscribe and stay current with our latest insights

Featured Blog

Biaya Aktual Tim Administrasi In-House

Dibandingkan dengan managed services tim Administrasi, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji anggota tim Administrasi-in-house yang ahli?

Untitled design (6)

Discover more →

Our journey is defined by a steadfast commitment to excellence and an unwavering dedication to our clients. Since our establishment, we take immense pride in having served over 600 clients across diverse industries.

Our Clients

Featured Blog

Xero, Accounting Software Terbaik untuk Bisnis Anda

Software akuntansi Xero sudah menggunakan sistem cloud computing yang artinya Anda tidak perlu menginstalnya lagi di PC (Personal Computer). Anda dapat mengakses laporan keuangan perusahaan atau cash flow secara real time asalkan terhubung dengan internet.

Untitled design (9)

Discover more →

 

Untitled design (9)

ERP Implementation Solution

From Startup to Enterprise, NetSuite is the #1 Cloud ERP Business Software Solution.

NetSuite helps you to access financial, operational and transactional data from across the organization. Easily customize dashboards, reports and visual analytics to provide a summary-level overview or an in-depth account of business activity.

Learn more

 

 

Untitled design (4)

Accounting Software Implementation Solution

The Accounting Software for Everyday Business for Everyone

Xero stands out as a robust online accounting software solution designed for small and medium businesses. Streamline your operations, maintain organized online bookkeeping records, and simplify compliance processes. Trusted by over 3.95 million businesses globally, Xero ensures confidence in managing your financial data.

Learn more

 

 

Featured Blog

Introduction to NetSuite Dashboard

Dasbor NetSuite adalah salah satu bagian terpenting NetSuite. Memiliki dasbor yang terkonfigurasi dengan benar sangat penting bagi setiap karyawan untuk dapat dengan cepat menavigasi ke data yang mereka perlukan untuk melihat dan mengawasi tren penting.

Order Management

Discover more →

 

12

Logiframe Jakarta (ID)

Jakarta

PT Theta Jaya Sejahtera (Office 1)
Ciputra International Tokopedia Care
Lt. 16 Unit 38  Jl. Lingkar Luar Barat
No. 101 Jakarta 11740, Indonesia

Contact us

 

 

13

Logiframe Tangerang (ID)

Tangerang

PT Theta Jaya Sejahtera (Office 2)
Foresta Business Loft 6 No. 23
Pagedangan BSD, Lengkong Kulon
Tangerang, Banten 15331, Indonesia

Contact us

 

 

14

Logiframe San Francisco (US)

San Francisco

Logiframe Consulting LLC
600 California Street
San Francisco, CA 94108
United States of America

Contact us

 

 

Learn about our people, values, and more

About Us Overview →

Our Commitment

Featured Blog

Oracle NetSuite 2023 Award

The award underscores Logiframe's position as a trusted partner in leveraging NetSuite solution to drive business success and operational efficiency. This achievement reflects Logiframe's dedication to staying at the forefront of technology and providing outstanding solutions in the dynamic landscape of ERP.

Untitled design (11)

Discover more →

3 min read

Kesalahan Pembukuan Akuntansi Umum yang Bisa Menjadi Keruntuhan Bisnis Anda

Kesalahan Pembukuan Akuntansi Umum yang Bisa Menjadi Keruntuhan Bisnis Anda

Menjalankan bisnis pasti akan ada rasa stres. Namun, ada juga kegembiraan yang datang dari melihat ide Anda menjadi kenyataan. Tidak ada salahnya sebagai pemilik bisnis, Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri, menjadwalkan jam kerja, dan memiliki kesempatan untuk membantu komunitas Anda.

Namun demikian, ada lebih banyak hal yang bisa didapatkan dengan memiliki perusahaan, yaitu penciptaan produk dan pemasaran. Meskipun penting untuk meningkatkan produk Anda dan memasarkan pesan merek Anda ke seluruh audiens, mengawasi pengeluaran Anda dan memastikan keuangan bisnis Anda teratur sama pentingnya dalam menjalankan perusahaan yang sukses.

Salah satu aspek penting dalam bisnis yang harus menjadi prioritas bagi setiap pemilik bisnis adalah pembukuan. Meskipun terkesan membosankan, pembukuan dapat memperlihatkan perbedaan hasil bisnis Anda antara menghasilkan keuntungan atau kehilangan investasi Anda.

Anda baru berwirausaha? Berikut adalah beberapa kesalahan pembukuan yang harus Anda waspadai:

1. Kurangnya rencana bisnis

Seperti halnya usaha apapun, perencanaan adalah bagian penting dari memulai bisnis. Membangun rencana bisnis yang kuat sebelum peluncuran dapat memastikan bahwa perusahaan Anda siap untuk beroperasi. Contoh kurangnya rencana bisnis, yaitu banyak pengusaha yang terlalu bersemangat untuk meningkatkan inventaris tanpa meletakkan rencana bisnis yang baik sebagai landasan.

Rencana bisnis Anda harus mencakup tujuan keuangan dan proses pembukuan Anda. Demikian juga harus mengatur jadwal dan orang-orang yang bertanggung jawab atas setiap tugas. Dengan cara ini, ada pemeriksaan dan keseimbangan tentang kapan pelaporan keuangan harus siap, dan siapa yang harus bertanggung jawab untuk membuatnya.

Bahkan jika itu hanya dioperasikan oleh satu orang, memiliki jadwal pembukuan yang jelas sebagai bagian dari rencana bisnis Anda dapat menjaga bisnis Anda agar tidak bangkrut. Rencana bisnis selalu lebih baik untuk dipersiapkan.

2. Keterampilan organisasi yang buruk

Sebagai pemilik usaha, diperlukan pembagian alokasi pekerjaan kepada anggota tim termasuk pencatatan akuntansi. Masalah pencatatan akuntansi tidak jarang terjadi pada sebagian besar bisnis. Terutama jika Anda memiliki anggota tim yang terbatas, dimana melacak semua penerimaan dan pengeluaran menjadi tanggung jawab pemilik bisnis. Akan sangat menantang untuk melacak keuangan, menyimpan persediaan, dan meningkatkan moral karyawan pada saat yang bersamaan.

Dengan menjadi terorganisir dapat menghemat banyak waktu dan mengurangi stres Anda pada saat menyiapkan pembukuan. Bahkan sebelum peluncuran bisnis Anda, yang terbaik adalah mencari tahu dimana Anda akan mengajukan tanda terima dan mengawasinya. Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memanfaatkan teknologi pada saat mengatur kwitansi Anda. Bahkan, dengan mengambil gambar dan menyimpan soft copy, Anda dapat memastikan tidak ada kehilangan dokumen penting sebagai dokumen pendukung pada saat melakukan pembukuan keuangan.

3. Tidak memisahkan akun bisnis dan pribadi

Untuk kegiatan bisnis, mudah untuk mengasumsikan bahwa menjalankan bisnis Anda dengan rekening bank pribadi adalah ideal. Namun, ketika perusahaan Anda diaudit akan menyebabkan suatu masalah baru dan akan menyita waktu Anda karena tidak adanya pemisahan antara akun bisnis dan pribadi. Dan jika ada badan pemerintah yang harus Anda hindari karena bermasalah, mereka adalah Direktorat Jenderal Pajak.

4. Tidak memiliki anggaran

Masalah yang paling sering muncul dalam menjalankan bisnis adalah arus kas yang terbatas. Bagi mereka yang baru memulai kegiatan bisnisnya, mungkin perlu beberapa saat untuk benar-benar menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, memastikan bahwa arus kas bisnis Anda transparan, terorganisir dan sesuai dengan anggaran menjadi sangat penting.

Langkah terbaik adalah melakukan audit atas semua pengeluaran Anda, sebelum Anda mulai memotong biaya dan membuat anggaran. Melakukan hal itu akan memberikan Anda gambaran yang jelas tentang bagaimana uang bergerak dalam bisnis Anda.

Memiliki anggaran merupakan hal yang penting dalam pembukuan catatan keuangan Anda, karena mengetahui pengeluaran akan meringankan kekhawatiran Anda.

5. Gagal mengklasifikasikan karyawan

Dalam melakukan bisnis, masalah tidak hanya terkait pada pembukuan yang tidak hanya melibatkan persediaan dan bahan baku. Bisnis juga harus memilih tipe karyawan. Sebagian besar kegiatan bisnis memiliki dua jenis karyawan: pekerja penuh waktu dan kontraktor independen. Yang terbaik adalah menjaga status kepegawaian setiap orang sehingga sewaktu administrasi perpajakan, tidak akan ada kekhawatiran tentang kesalahan pengarsipan pajak karyawan.

6. Lupa pajak penjualan

Kesalahan umum lainnya dalam pembukuan adalah mengabaikan pengajuan pajak penjualan atau di Indonesia disebut sebagai Pajak Pertambahan Nilai. Dengan nilai total penjualan tahunan melebihi Rp 4,8 milyar, Anda wajib untuk mendaftarkan diri sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak).

Sebelum membuka bisnis, cari tahu jenis-jenis pajak yang wajib Anda hitung, bayar, dan lapor. Dengan cara ini Anda tidak mengabaikan atau lupa untuk aspek pajak pada bisnis Anda.

7. Menyalahgunakan kas kecil

Ada pelaku usaha yang menganggap kas kecil sebagai uang gratis – dana yang dapat digunakan untuk segala hal dan apa saja yang dapat dikaitkan dengan usaha. Meskipun itu belum tentu tidak benar, kas kecil bukanlah dompet pribadi pemilik bisnis. Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kas kecil juga perlu dilacak.

Untungnya mengawasi kas kecil tidak melibatkan banyak teknologi yang membingungkan. Kotak uang yang sederhana di sebelah register sudah cukup untuk menyimpannya. Akan tetapi, tetap diperlukan untuk melakukan pencatatan keuangan atas uang yang digunakan di kas kecil.

8. Tidak memiliki back-up
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, teknologi akuntansi dapat menjadi tantangan bagi banyak orang, bahkan bagi mereka yang telah menjalankan bisnis untuk beberapa tahun. Jika Anda tidak memahami suatu program, ada kemungkinan besar Anda akan melewatkan atau menghapus data yang penting.

Oleh karena itu, memiliki back-up file Anda menjadi suatu keharusan. Jika memungkinkan, cobalah untuk memiliki salinan file dalam bentuk spreadsheet yang disimpan di cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive. Jika terjadi sesuatu dengan komputer Anda, Anda akan dapat mengunduh dari file yang sudah Anda simpan di cloud storage, sehingga Anda tidak harus kehilangan terlalu banyak data. Namun, dengan menggunakan Xero sebagai software akuntansi online, data Anda dapat disimpan secara online.

9. Mengambil proyek tanpa banyak pengetahuan

Tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk mengelola sendiri pembukuan Anda. Namun, ada alasan mengapa akuntansi dan pembukuan adalah karir profesional yang sudah ada berabad-abad. Ada aspek keterampilan dari proses yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai, melalui pendidikan formal, pelatihan-pelatihan, dan pengalaman mengerjakan akuntansi dan pembukuan klien-klien.

Jika Anda tidak yakin dengan keterampilan pembukuan Anda, memilih jasa pembukuan outsourcing dapat membantu Anda melacak keuangan bisnis Anda dengan cara yang efisien dan bebas stres. Saran ahli kami adalah menyerahkan pembukuan kepada para profesional sebagai konsultan keuangan Anda. Ada perusahaan yang akan dengan senang hati mengelola akuntansi dan pembukuan Anda. Hubungi Logiframe Accounting hari ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat kami lakukan untuk Anda dan perusahaan Anda!

 

Accounting Service

Tips Terbaik Bagi Pemilik Usaha Untuk Mengelola Pembukuan-nya Sendiri

13 min read

Tips Terbaik Bagi Pemilik Usaha Untuk Mengelola Pembukuan-nya Sendiri

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pemilik usaha menangani akuntansi dan pembukuan untuk bisnis mereka sendiri?

Read More
Pembukuan Akuntansi yang Dapat Diselesaikan oleh Layanan Pembukuan Outsource

9 min read

Pembukuan Akuntansi yang Dapat Diselesaikan oleh Layanan Pembukuan Outsource

Bagi banyak bisnis, pembukuan mereka menyebabkan banyak kesulitan. Namun, bila ditangani dengan benar, ada banyak kesulitan yang dapat diatasi oleh...

Read More