Skip to the main content.
logiframe

Logiframe is an Equal Opportunity Employer.

All qualified applicants will receive consideration for employment without regard to race, color, age, religion, sex, sexual orientation, gender identity / expression, national origin, protected veteran status, or any other characteristic protected under federal, state or local law, where applicable, and those with criminal histories will be considered in a manner consistent with applicable state and local laws.

_______________________________________________________________________

Subscribe and stay current with our latest insights

Featured Blog

Biaya Aktual Tim Administrasi In-House

Dibandingkan dengan managed services tim Administrasi, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji anggota tim Administrasi-in-house yang ahli?

Untitled design (6)

Discover more →

Our journey is defined by a steadfast commitment to excellence and an unwavering dedication to our clients. Since our establishment, we take immense pride in having served over 600 clients across diverse industries.

Our Clients

Featured Blog

Xero, Accounting Software Terbaik untuk Bisnis Anda

Software akuntansi Xero sudah menggunakan sistem cloud computing yang artinya Anda tidak perlu menginstalnya lagi di PC (Personal Computer). Anda dapat mengakses laporan keuangan perusahaan atau cash flow secara real time asalkan terhubung dengan internet.

Untitled design (9)

Discover more →

 

Untitled design (9)

ERP Implementation Solution

From Startup to Enterprise, NetSuite is the #1 Cloud ERP Business Software Solution.

NetSuite helps you to access financial, operational and transactional data from across the organization. Easily customize dashboards, reports and visual analytics to provide a summary-level overview or an in-depth account of business activity.

Learn more

 

 

Untitled design (4)

Accounting Software Implementation Solution

The Accounting Software for Everyday Business for Everyone

Xero stands out as a robust online accounting software solution designed for small and medium businesses. Streamline your operations, maintain organized online bookkeeping records, and simplify compliance processes. Trusted by over 3.95 million businesses globally, Xero ensures confidence in managing your financial data.

Learn more

 

 

Featured Blog

Introduction to NetSuite Dashboard

Dasbor NetSuite adalah salah satu bagian terpenting NetSuite. Memiliki dasbor yang terkonfigurasi dengan benar sangat penting bagi setiap karyawan untuk dapat dengan cepat menavigasi ke data yang mereka perlukan untuk melihat dan mengawasi tren penting.

Order Management

Discover more →

 

12

Logiframe Jakarta (ID)

Jakarta

PT Theta Jaya Sejahtera (Office 1)
Ciputra International Tokopedia Care
Lt. 16 Unit 38  Jl. Lingkar Luar Barat
No. 101 Jakarta 11740, Indonesia

Contact us

 

 

13

Logiframe Tangerang (ID)

Tangerang

PT Theta Jaya Sejahtera (Office 2)
Foresta Business Loft 6 No. 23
Pagedangan BSD, Lengkong Kulon
Tangerang, Banten 15331, Indonesia

Contact us

 

 

14

Logiframe San Francisco (US)

San Francisco

Logiframe Consulting LLC
600 California Street
San Francisco, CA 94108
United States of America

Contact us

 

 

Learn about our people, values, and more

About Us Overview →

Our Commitment

Featured Blog

Oracle NetSuite 2023 Award

The award underscores Logiframe's position as a trusted partner in leveraging NetSuite solution to drive business success and operational efficiency. This achievement reflects Logiframe's dedication to staying at the forefront of technology and providing outstanding solutions in the dynamic landscape of ERP.

Untitled design (11)

Discover more →

5 min read

Pentingnya Uji Kelayakan Untuk Melihat Performa Keuangan Sebuah Bisnis

Pentingnya Uji Kelayakan Untuk Melihat Performa Keuangan Sebuah Bisnis

Due diligence atau uji kelayakan adalah upaya yang dilakukan oleh individu-individu dengan akal sehat untuk menghindarkan orang lain serta properti yang dimiliki dari hal-hal dan kejadian buruk. Istilah uji kelayakan ini lebih umum ditemukan dalam dunia bisnis terutama sebelum dilakukannya proses akuisisi, investasi, pemberian pinjaman, ataupun sebelum melakukan pembelian.

Proses uji kelayakan ini dilakukan untuk melindungi kedua belah pihak, terutama pihak pembeli. Uji kelayakan ini akan menggali berbagai informasi secara detail dan mendalam. Due diligence menjadi salah satu bagian penting dalam upaya mengetahui apakah ada permasalahan finansial yang tidak terlihat, untuk mengecek berbagai hal yang menjadi indikator kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan, serta untuk memastikan bahwa tidak ada informasi yang ditutup-tutupi.

Proses due diligence itu sendiri akan bervariasi sesuai dengan tipe dan jenis bisnis, serta situasi yang ada. Sebagai contoh, proses due diligence yang dilakukan untuk pembelian properti komersial tentunya akan berbeda dengan pembelian sebuah perusahaan.

 

Proses Pelaksanaan Due Diligence

Due Diligence

Sumber: 123rf.com

Pada dasarnya, proses pelaksanaan due diligence berpusat pada upaya untuk mengecek kesesuaian antara laporan yang diberikan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Uji kelayakan ini dilakukan sebelum perjanjian jual beli secara formal disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Oleh karena itu, proses ini perlu melibatkan kedua belah yaitu pihak penjual dan pembeli, dimana masing-masing pihak dapat didampingi oleh pengacara, akuntan, serta pihak ketiga seperti konsultan yang memberikan pelayanan berupa uji kelayakan seperti yang dilakukan oleh Logiframe.

Proses due diligence melibatkan berbagai hal. Pihak pembeli perlu mengecek berbagai jenis dokumen seperti dokumen penjualan, aset, dokumen yang berkaitan dengan masalah hukum, melakukan pengecekan terhadap kondisi fasilitas yang ada, melakukan analisa laporan keuangan, serta berbagai aspek lainnya.

Proses due diligence tidak akan melewatkan satu aspek apapun baik aspek positif atau negative. Dengan begini, semua fakta akan bisa disajikan di atas meja sebagai bahan pertimbangan pembeli sebelum memutuskan untuk melanjutkan transaksi ataukah tidak.

 

Area Kerja dari Due Diligence

Area kerja due diligence ini meliputi berbagai aspek. Sebagian orang menyebut hal ini dengan tipe due diligence.

Dalam melakukan due diligence, terdapat begitu banyak aspek atau area kerja yang perlu digali. Kali ini kita akan membahas beberapa area kerja yang paling sering mendapat perhatian. Sekali lagi perlu ditekankan bahwa area kerja ini bisa saja berubah sesuai dengan subjek, situasi, dan kondisi yang ada.

 

Uji Kelayakan dalam Bidang Keuangan

Bidang Keuangan

Sumber: shutterstock

Dari begitu banyak area kerja aspek uji kelayakan atau due diligence, bidang keuangan merupakan aspek paling utama.

Hal-hal yang diperiksa dalam due diligence dalam bidang keuangan dilakukan untuk melihat apakah data keuangan yang diberikan benar-benar akurat atau tidak. Pemeriksaan ini meliputi berbagai hal yaitu:

  • Data hasil audit keuangan selama beberapa tahun terakhir

  • Data keuangan terbaru

  • Rencana pengeluaran

  • Daftar inventaris

  • Daftar pihak debitor dan kreditor

  • Analisis data akun para pelanggan

  • Analisa profit margin

  • Analisa jalur penjualan

  • Kemampuan perusahaan atau bisnis tersebut dalam mengolah hutang yang ada, serta rencana pelunasan hutang. Rencana pengelolaan hutang yang efektif merupakan salah satu strategi manajemen keuangan yang terbukti mampu meningkatkan profit

  • Struktur capital perusahaan secara keseluruhan.

     

Uji Kelayakan dalam Hal Perpajakan

Taxes

Sumber: pepperlaw.com

Uji kelayakan atau due diligence pajak dilakukan untuk mengetahui segala jenis pajak yang menjadi kebijakan dari bisnis tersebut, perhitungan jumlah pajak, serta berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pajak.

Hal-hal yang umumnya dilakukan dalam proses due diligence dalam area perpajakan ini meliputi:

  • Pengumpulan data pembayaran pajak selama beberapa tahun terakhir

  • Berbagai informasi yang berkaitan dengan permasalahan pajak, misalnya saja keterlambatan atau penunggakan pajak

  • Pengumpulan data-data lain yang berkaitan dengan agensi pajak yang bekerja sama dengan pihak perusahaan.

     

Uji Kelayakan dalam Bidang Legal

Due Diligence Legal

Sumber: legalserviceshuahin.com

Proses due diligence legal dilakukan dengan berbagai cara yaitu:

  • Pemeriksaan terhadap berbagai jenis dokumen berupa kontrak dan perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dengan pihak lain

  • Review terhadap berbagai sertifikat misalnya saja sertifikat yang membahas mengenai bagi hasil keuntungan

  • Pemeriksaan secara menyeluruh terhadap berbagai hal yang memiliki risiko dalam bidang legal atau hukum termasuk didalamnya kontrak, aset, property intelektual, status perusahaan, dan keamanan dari pihak perusahaan.

     

Uji Kelayakan dalam Bidang Administrasi

Bidang Administrasi

Sumber: pehub.com

Segala hal yang berkaitan dengan bidang administrasi misalnya saja fasilitas, jumlah meja kerja, serta berbagai perlengkapan lain masuk dalam area kerja due diligence. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua biaya operasional yang berkaitan dengan bidang administrasi tersebut telah masuk dalam laporan keuangan atau tidak.

 

Uji Kelayakan dalam Bidang Aset

Tangible dan Intangible Assets

Sumber: differencebetween.info

Segala jenis aset yang dimiliki oleh perusahaan juga perlu diuji tingkat kelayakannya. Hal-hal yang perlu diperiksa adalah jenis aset yang dimiliki, lokasi, catatan peminjaman perlengkapan dan peralatan perusahaan, data penjualan dan pembelian aset dalam skala besar dalam beberapa tahun terakhir, manajemen gudang sebagai tempat penyimpanan barang, properti real estate, masalah perijinan, dan juga nama kepemilikan aset.

 

Uji Kelayakan dalam Bidang Lingkungan

Due Diligence Bidang Lingkungan

Sumber: kmh.com.au

Uji kelayakan atau due diligence dalam bidang lingkungan juga perlu dilakukan. Mengapa?

Perhatian publik terhadap lingkungan semakin meningkat belakangan ini. Bila sebuah bisnis atau perusahaan dinilai melanggar kode etik dan peraturan yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, maka pihak berwenang bisa menjatuhkan sanksi kepada perusahaan tersebut.

Uji kelayakan dalam bidang lingkungan hidup pada umumnya meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Pengecekan terhadap ijin dan peraturan yang berlaku di daerah tersebut serta memastikan bahwa pihak perusahaan telah mengikuti aturan yang ada

  • Pemeriksaan sistem pembuangan yang dilakukan pihak perusahaan, apakah telah sesuai dengan tata cara yang ditetapkan pemerintah.

     

Uji Kelayakan dalam Bidang Sumber Daya Manusia

Due Diligence Bidang SDM

Sumber: sideplayer.info

Sumber daya manusia merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari sebuah bisnis dan perusahaan, sehingga tidak heran bila proses due diligence juga perlu dilakukan dalam bidang yang satu ini.

Jenis pemeriksaan yang dilakukan bisa meliputi berbagai hal, termasuk didalamnya:

  • Data dari seluruh pegawai yang bekerja di dalam perusahaan tersebut, beserta berbagai informasi tambahan seperti posisi kerja, jabatan, waktu pensiun, serta total waktu bekerja di perusahaan

  • Kebijakan perusahaan berkaitan dengan ijin atau absennya pegawai

  • Analisa dari berbagai permasalahan yang pernah terjadi dengan karyawan misalnya saja masalah diskriminasi, pelecehan, tuntutan pembayaran yang tidak dipenuhi, serta berbagai masalah lain yang berkaitan denga aspek legal

  • Analisa data gaji dan tunjangan yang diberikan kepada para pegawai, dan tidak lupa pula pemasalahan pelaporan pajak pegawai.

     

Uji Kelayakan dalam Bidang Properti Intelektual

Due Diligence Intellectual Property

Sumber: sideplayer.com

Properti intelektual pada dasarnya merupakan aset dari sebuah bisnis atau perusahaan, dimana aset ini dipergunakan untuk bisa meningkatkan keuntungan. Dalam proses due diligence, ada beberapa hal yang perlu diperiksa berkaitan dengan properti intelektual yaitu:

  • Jenis paten yang dimiliki serta cara penggunaannya

  • Dokumen yang berkaitan dengan pengajuan paten dan hak cipta

  • Analisa terhadap tuntutan yang dilakukan oleh pihak perusahaan atau oleh pihak lain untuk melawan perusahaan tersebut mengenai pelanggaran paten dan hak cipta.

 

Uji Kelayakan terhadap Para Pelanggan

Due Diligence Pelanggan

Sumber: indonesiare.co.id

Para pelanggan merupakan sumber pemasukan dari sebuah bisnis. Tidak heran bila uji kelayakan yang berkaitan dengan para pelanggan ini juga perlu dilakukan. Dalam hal ini, beberapa pemeriksaan yang dilakukan bisa meliputi:

  • Perjanjian perlindungan terhadap pelanggan, jaminan uang kembali, serta asuransi

  • Kebijakan kredit yang sedang berjalan

  • Data-data yang berkaitan dengan hilangnya pelanggan selama beberapa tahun terakhir.

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa area kerja due diligence ini akan sangat bergantung pada jenis perusahaan, situasi, dan kondisi yang ada. Terlepas dari hal tersebut, pemeriksaan seperti ini memang perlu dilakukan secara menyeluruh untuk bisa mendapatkan informasi yang benar-benar detail dan mendalam mengenai kondisi perusahaan.

Berdasarkan informasi dari proses due diligence ini, pihak pembeli bisa mengambil keputusan terbaik perihal transaksi yang akan mereka lakukan. Selain itu, mereka juga bisa mulai mengembangkan rencana untuk memperbaiki dan mengembangkan perusahaan tersebut sejak dini.

 

Pelaksanaan Due Diligence oleh Pihak Ketiga

Commercial Due Diligence

Sumber: unicornsolutions.in

Siapakah yang berhak menjalankan proses due diligence ini? Pada dasarnya siapa saja yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kompetensi dalam pelaksanaan uji kelayakan bisa melakukan proses ini.

Namun, setidaknya ada 3 alasan mengapa pelaksanaan due diligence ini sebaiknya diserahkan kepada pihak ketiga seperti konsultan yang khusus bergerak dalam bidang uji kelayakan, seperti Logiframe.

  • Pihak ketiga berupa penyedia jasa due diligence seperti Logiframe mampu melihat situasi dan kondisi yang ada dengan lebih netral dan tidak memihak pihak manapun. Hasil laporan yang diberikan juga akan lebih objektif

  • Tidak semua orang memiliki akses, tenaga, sumber daya, pengetahuan, serta waktu untuk melakukan uji kelayakan ini sendiri

  • Alasan selanjutnya adalah masalah akses data dan informasi. Dalam beberapa kasus, tidaklah mudah untuk menemukan semua data dan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan uji kelayakan.

Sebagai contoh, seorang pembeli yang hendak melakukan pembelian sebuah perusahaan yang berada di luar daerah tentunya terhambat pada berbagai persoalan, sebagai contoh ketiadaan aset di daerah tersebut. Konsultan penyedia jasa due diligence pada umumnya memiliki database untuk mengakses data-data yang dibutuhkan.

Selain itu, penyedia jasa due diligence seperti Logiframe bisa menggabungkan berbagai metode untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan. Data tersebut bisa berasal dari database, dari agen yang bekerja secara langsung di lapangan untuk bisa menggali informasi yang tersembunyi, atau dari berbagai sumber birokratis lainnya.

Proses due diligence merupakan sebuah proses panjang dan cukup melelahkan. Proses uji kelayakan ini akan mengungkap semua data dan informasi yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Hasil dari uji kelayakan itu sendiri tidaklah selalu memuaskan dan sesuai dengan keinginan. Namun, terlepas dari semua kemungkinan itu, sangatlah penting untuk melakukan due diligence yang benar-benar dalam dan menyeluruh. Dengan begini, para calon pembeli akan bisa mendeteksi permasalahan-permasalahan yang ada, dan mungkin juga menemukan berbagai potensi yang sebelumnya tidak disadari.

Logiframe siap membantu Anda yang ingin berinvestasi dan membeli sebuah bisnis atau perusahaan, dengan melakukan due diligence atau uji kelayakan yang akan menjawab semua pertanyaan Anda mengenai perusahaan tersebut.

 

Accounting Service

Internal Audit: Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukannya

18 min read

Internal Audit: Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukannya

Sebelumnya saya pernah membahas artikel mengenai audit internal, dimana pekerjaan tersebut perlu dilakukan untuk menangkal tindak penipuan keuangan...

Read More
9 Kunci Cara Mengatur Keuangan Perusahaan yang Sehat dan Berkembang Cepat

20 min read

9 Kunci Cara Mengatur Keuangan Perusahaan yang Sehat dan Berkembang Cepat

Jika Anda sedang membangun sebuah bisnis, tentu Anda menyadari bahwa cara mengatur keuangan perusahaan merupakan hal terpenting dalam menentukan ...

Read More
3 Barometer untuk Analisa Laporan Keuangan Perusahaan

16 min read

3 Barometer untuk Analisa Laporan Keuangan Perusahaan

Di artikel sebelumnya, saya membahas mengenai panduan manajemen keuangan bagi pengusaha. Di kesempatan ini, saya ingin melanjutkannya dengan membagi...

Read More